Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Kamis, 26 Maret 2020 09:00 WIB / Rudy Sudianto

YANG MULIA HAKIM AGUNG MD PASARIBU BERPULANG

YANG MULIA HAKIM AGUNG MD PASARIBU BERPULANG

Jakarta – Humas MA: Mahkamah Agung Republik Indonesia berduka, salah satu putra terbaiknya, Yang Mulia Hakim Agung Maruap Dohmatiga (MD) Pasaribu, SH., M.Hum, wafat pada hari Rabu, 25 Maret 2020 pukul 21.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD), Jakarta. Jenazah dimakamkan pada hari ini, Kamis, 26 Maret 2020 di Tempat Pemakaman Umum Tegal Alur Cengkareng.

Pria Kelahiran Tapanuli, 18 Maret 1951 itu mengawali karir sebagai calon Hakim di Pengadilan Negeri Manado pada tahun 1980. Alumnus Universitas Indonesia tersebut telah malang melintang ke berbagai daerah di Indonesia dalam menjalankan tugasnya sebagai hakim. Pak Pasaribu, begitu biasa Beliau dipanggil, pernah bertugas di Pengadilan Negeri Limboto (1983), Pengadilan Negeri Ternate (1990), Pengadilan Negeri Mempawah (1997), dan berbagai daerah lainnya.  

Ayah dari dua orang putra itu pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada tahun 2004, Ketua Pengadilan Negeri Semarang pada 2005, dan sebelum dilantik menjadi Hakim Agung, Pak Pasaribu bertugas sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Ambon pada tahun 2011. Sebelumnya, mahasiswa S2 Universitas Sumatera Utara tersebut pernah menjabat sebagai Panitera Muda Pidana Umum Mahkamah Agung pada tahun 2007. Pada puncak karirnya sebagai hakim, Pak Pasaribu dilantik menjadi Hakim Agung pada 1 November 2013.

Seluruh Keluarga besar Mahkamah Agung berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian Beliau.

Selamat jalan Yang Mulia, semoga amal baik Yang Mulia diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan menjadi jalan penerang menuju surga. (azh/RS)




Kantor Pusat