Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Selasa, 30 Juni 2020 15:47 WIB / pepy nofriandi

KETUA MAHKAMAH AGUNG PIMPIN PURNABAKTI KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA YOGYAKARTA SECARA VIRTUAL

KETUA MAHKAMAH AGUNG PIMPIN PURNABAKTI KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA YOGYAKARTA SECARA VIRTUAL

Jakarta – Humas : Ketua Mahkamah Agung Dr. H.M Syarifuddin, SH.,MH pimpin purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Drs. H. M Said Munji, SH., MH secara virtual pada hari ini, Selasa (30/6/2020) bertempat diruang Ketua Mahkamah Agung, Jakarta.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa sesuai dengan protokol Covid -19 serta pembatasan perjalanan dinas ke luar daerah, maka prosesi wisuda purnabakti Ketua Pengadilan Tingkat Banding ini untuk pertama kalinya saya selaku ketua Mahkamah Agung dan yang kedua kalinya dilakukan secara virtual. Namun demikian, saya berharap kesakralan prosesi ini tidak akan luntur dan kita semua dapat mengikutinya secara khidmat.

Perjalanan karir Bapak Drs. H. M. Said Munji, S.H., M.H. sebagai Hakim adalah perjalanan yang penuh dengan tantangan karena penugasan di Pengadilan Agama Jakarta Pusat dan Pengadilan Agama Jakarta Utara tentunya tidak lepas dari godaan yang jika tidak diiringi dengan keteguhan iman, maka akan mudah goyah. Namun saya yakin bahwa keberhasilan beliau baik sebagai Hakim maupun Pimpinan Pengadilan di Pengadilan Agama Jakarta Pusat dan Jakarta Utara tentunya tidak lepas dari pengabdian yang didasarkan pada keikhlasan. Inilah prinsip yang sesungguhnya dipesankan kepada kita semua dalam bekerja sebagaimana juga perintah yang bisa kita temukan dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah Ayat 105 “Bekerjalah kamu maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaan itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”.tutur Syariffudin.

Tradisi wisuda purnabhakti merupakan upacara yang dinantikan oleh seluruh pejabat yang telah dengan selamat mengakhiri masa tugasnya. Seremoni ini bukan hanya sebagai momen untuk mengakhiri masa bhakti sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding namun lebih dari itu sebagai puncak keparipurnaan dalam mengemban amanah sebagai Hakim. Wisuda purnabhakti pada hakekatnya adalah prosesi untuk memberikan penghargaan atas pengabdian seorang Ketua Pengadilan Tingkat Banding dalam menjalankan tugasnya sebagai voorpost Mahkamah Agung karena peran seorang Ketua Pengadilan Tingkat Banding sangatlah strategis terutama dalam pengawasan dan pembinaan Hakim dan Aparatur Peradilan di bawah Mahkamah Agung dalam wilayah tugasnya, ungkap mantan Ketua Kamar Pengawasan.

Diakhir sambutan KMA mengucapkan selamat memasuki Purnabakti, dan selamat menjadi anggota PERPAHI (Persatuan Purnabakti Hakim Indonesia) dan saya harap agar tetap terjalin komunikasi dan tali silaturahim dengan insan jajaran peradilan dan Mahkamah Agung, demikian pula ibu Drs. H. M. Said Munji, S.H., M.H. juga dapat tetap menjalin komunikasi dan tali silaturahim dengan para ibu-ibu Dharmayuktikarini

Wisuda purnabakti virtual ini dihadiri oleh Ketua Kamar Agama dan Direktur Jendral Badan Peradilan Agama. (Humas)

 




Kantor Pusat