Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Senin, 11 Desember 2023 17:05 WIB / Azizah

KETUA MA: JANGAN BERHENTI BERINOVASI

KETUA MA: JANGAN BERHENTI BERINOVASI

Jember-Humas: Dalam rangka menjaga integritas, meningkatkan kinerja, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada Masyarakat, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum menyelenggarakan Lomba Kinerja Bagi Satuan Kerja di Lingkungan Badan Peradilan Umum tahun 2023. Lomba tersebut terdiri atas delapan kategori, yaitu:

  1. Lomba layanan peradilan
  2. Lomba layanan hukum
  3. Lomba pengawas daerah
  4. Lomba role model terbaik untuk pimpinan dan panitera
  5. Lomba administrasi dan keuangan perkara
  6. Lomba pelaksanaan elitigasi
  7. Lomba implementasi AKIP (Akuntabilitas Kinerja Intitusi Pemerintah)
  8. Lomba inovasi pengadilan

Penyerahan hadiah lomba diberikan secara langsung oleh Ketua Mahkamah Agung kepada seluruh pemenang pada Senin, 11 Desember 2023 di Pendopo Wahya Wibawa Graha Bupati Jember, Jawa Timur.

Nama-nama para pemenang tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 1817/DJU/SK.TI2.1.2/XI/2023 tentang Penetapan Pemenang Lomba bagi Satuan Kerja di Lingkungan Peradilan Umum. Link SK bisa di lihat pada link di akhir berita ini.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan apresiasi dan rasa bangga terhadap kegiatan ini. Ia menyampaikan selamat kepada seluruh satuan kerja dan personal yang telah meraih kemenangan. Baginya, kemenangan yang diraih harus menjadi motivasi dalam menciptakan inovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. 

“Bagi satuan kerja yang telah meraih kemenangan, jangan berpuas diri. Kemenangan ini harus dijadikan motivasi untuk menciptakan inovasi yang lebih baik lagi. Begitu pula bagi yang belum menang, jangan berkecil hati, jadikan momen ini sebagai pelecut untuk lebih baik lagi, karena inti dari semua ini adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat bukan yang lain,” kata Ketua Mahkamah Agung. 

Ia menambahkan bahwa kemajuan teknologi saat ini memberikan dampak positif bagi dunia peradilan. Melalui teknologi, Mahkamah Agung dan empat lingkungan peradilan di seluruh Indonesia, menurutnya senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan dengan asas cepat, tepat, dan berbiaya ringan.

Terkait hal tersebut, Ketua Mahkamah Agung menyatakan bahwa tidak heran jika sekarang dunia peradilan saling berlomba menciptakan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik. 

“Jangan berhenti menciptakan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Baik itu di bidang teknis maupun non teknis di bidang yudisial,” katanya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Mahkamah Agung meluncurkan program Sertifikasi Mutu Peradilan Unggul dan Tangguh (AMPUH). Program ini diluncurkan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja pengadilan di Lingkungan Peradilan Umum, dengan cara memantau dan mengukur konsistensi penerapan sistem manajemen layanan pengadilan. 

Hadir pula pada acara ini yaitu Wakil Ketua Mahkamah Agung, Ketua Kamar Agama, Ketua Kamar Pengawasan, Ketua Kamar Pidana, para Ketua Pengadilan Tingkat Tinggi dari seluruh Indonesia, Ketua Pengadilan Negeri dari seluruh Indonesia, dan yang lainnya. 

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/12138

JEMBER DAN MAHKAMAH AGUNG MEMILIKI KESAMAAN  DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN 

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggi kepada Bupati Jember dan seluruh aparaturnya yang telah menyambutnya dengan sangat baik. Ia sangat terkesan dengan makanan, tempat-tempat yang indah, kesenian, serta kebaikan masyarakat Jember. 

Pemilihan kota Jember, menurut Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.H., M.H. adalah salah satunya karena kegiatan ini sejalan dengan semboyan Kota Jember yaitu “Carya Dharma Prajamukti” yang artinya berkarya dan mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara. Selain itu, menurutnya, meskipun masyarakat Jember merupakan masyarakat yang heterogen, namun mereka menjunjung tinggi toleransi antar agama, ras, dan suku sehingga kehidupan pun menjadi aman dan tentram. Hal ini pula sejalan dengan nilai-nilai aparatur peradilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, kebetulan Pengadilan Tinggi Surabaya yang membawahi wilayah Kabupaten Jember adalah penerima penghargan piala bergilir Abhinaya Upangga Wisesa pada tahun 2022.

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, S.T., IPU., ASEAN. Eng. mengungkapkan kebahagiaannya dan kebahagiaan bagi masyarakat Jember karena telah memilih Jember sebagai lokasi penyelenggaraan acara ini. Baginya, hadirnya Ketua Mahkamah Agung dan rombongan ke Jember menjadi tanda bagi keamanan, kenyamanan kota Jember, sehingga bisa menarik para investor untuk ke Jember pula. Selain itu, ia mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi-misi Jember yang juga selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Jember. 

Ia bercerita bahwa di ratusan desa binaannya sudah terdapat pengadilan virtual. Hal itu untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat desa yang ingin mendapatkan pelayanan pengadilan tanpa harus mendatangi pengadilan yang lokasinya jauh dari tempat tinggal mereka. Pengadilan virtual itu menurutnya lebih murah dibanding masyarakat harus pergi ke pengadilan langsung. 

Selamat kepada seluruh pemenang Lomba Kinerja tahun 2023, semoga pelayanan peradilan semakin dan semakin baik lagi. (azh/RS/photo:azh)

 

 

 

 

 

 

 



Dokumen



Kantor Pusat