Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Sabtu, 19 Agustus 2023 12:30 WIB / Azizah

RAYAKAN ULANG TAHUN KE-78, MAHKAMAH AGUNG BERTEKAD TINGKATKAN INTEGRITAS MENUJU PERADILAN YANG AGUNG

RAYAKAN ULANG TAHUN KE-78, MAHKAMAH AGUNG BERTEKAD TINGKATKAN INTEGRITAS MENUJU PERADILAN YANG AGUNG

Jakarta-Humas: Mahkamah Agung Republik Indonesia genap memasuki usia ke-78 pada 19 Agustus 2023. Untuk merayakan hal tersebut, Mahkamah Agung menggelar upacara bendera. Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarufuddin, S.H., M.H. sebagai inspektur upacara.  
 
Upacara diikuti oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, para Ketua Kamar, para Hakim Agung, para Hakim Ad Hoc, para Pejabat eselon 1-4, para pejabat fungsional, dan seluruh aparatur peradilan di Mahkamah Agung.

Ulang tahun ke-78 ini mengangkat tema Tingkatkan Integritas  Menuju Peradilan yang Agung. Tema ini memiliki pesan bahwa integritas merupakan tolak ukur utama dalam mewujudkan badan peradilan yang agung.
Integritas merupakan tiang penyangga bagi tegaknya sebuah keadilan sehingga perlu adanya kesadaran dari seluruh insan peradilan tentang pentingnya merawat integritas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Terkait hal tersebut, Ketua Mahkamah Agung meminta para aparatur peradilan di seluruh Indonesia untuk menjadikan hari jadi ke-78 ini sebagai titik balik kebangkitan lembaga peradilan. Caranya, ia menambahkan, dengan pola 3 M, yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang terkecil, dan mulai dari sekarang.

Orang nomor satu di Mahkamah Agung itu berharap dengan gerakan perubahan yang dilakukan secara bersama dan berkesinambungan maka kepercayaan publik kepada lembaga peradilan bisa pulih kembali.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/11760

Pada kesempatan yang sama, Ketua Mahkamah Agung menyatakan bahwa usia ke-78 ini merupakan momentum untuk mengevaluasi dan merefleksikan kembali apa saja yang telah kita lakukan serta apa rencana ke depan untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada.

Sehari sebelumnya, masih dalam rangka merayakan hari jadi ke-78, Mahkamah Agung meluncurkan lima aplikasi. Lima aplikasi tersebut melengkapi aplikasi-aplikasi yang ada  dalam memudahkan pelaksaan tugas aparatur peradilan dalam memberikan pelayanan yang transparan dan akuntabel kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

“Dirgahayu ke-78 Mahkamah Agung Republik Indonesia, mari kita bersama tingkatkan integritas menuju badan peradilan Indonesia yang agung,” ucap Ketua Mahkamah Agung mengakhiri sambutannya.

Selesai upacara, Ketua Mahkamah Agung melakukan potong tumpeng sebagai tanda syukur terhadap semua nikmat yang telah Tuhan berikan kepada Mahkamah Agung. (azh/PN/Photo:Adr&Sno&Alf)




Kantor Pusat