Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Selasa, 25 Februari 2020 11:15 WIB / Azizah

PAMERAN KAMPUNG HUKUM TAHUN 2020 RESMI DIBUKA

PAMERAN KAMPUNG HUKUM TAHUN 2020 RESMI DIBUKA

Jakarta- Humas: Pameran Kampung Hukum tahun 2020 dalam rangka Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung secara resmi telah dibuka pada Selasa pagi, 25 Februari 2020 di Plennary Hall Jakarta Convention Centre. Prosesi pembukaan dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial.

Pamerah Kampung Hukum merupakan hajatan Mahkamah Agung pada setiap tahunnya. Kegiatan yang berbarengan dengan Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi langsung terkait tugas pokok dan fungsi Mahkamah Agung, serta berbagai kebijakan dan inovasi lainnya. Selain itu masyarakat juga bisa mendapatkan informasi dari para peserta pameran yang berasal dari Kementrian/Lembaga dan mitra Bank.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, SH., MH, mengatakan bahwa pameran tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan  tahun-tahun sebelumnya. Di mana biasanya hanya diselenggarakan satu hari, tahun ini, pameran Kampung Hukum diselenggarakan pada 25 dan 26 Februari 2020.  Hal ini diharapkan bisa memberikan informasi yang lebih banyak bagi masyarakat. Selain itu, masih menurut Sunarto, bahwa pengunjung juga bisa menikmati talk show, hiburan edukatif, dan acara lainnya secara lebih leluasa.

Pameran ini diikuti oleh tiga puluh satu peserta, yang terdiri dari Eselon Satu pada Mahkamah Agung, Lembaga/Kementrian, dan mitra Bank, yaitu:

  1. Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
  2. Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI
  3. Badan Pendidikan dan Pelatihan Mahkamah Agung
  4. Kepaniteraan Mahkamah Agung
  5. Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung
  6. Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung
  7. Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung
  8. Mahkamah Konstitusi
  9. Badan Narkotika Negara
  10. Majelis Permusyawaratan Rakyat
  11. Dewan Perwakilan Rakyat
  12. Komisi Yudisial
  13. Polisi RI
  14. Kementrian Hukum dan HAM
  15. Kementrian Teknologi dan Informasi
  16. Komisi Pemberantasan Korupsi
  17. PPATK
  18. LPSK
  19. Otoritas Jasa Keuangan
  20. Tim Pembaruan Mahkamah Agung
  21. Kesehatan Mahkamah Agung
  22. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban
  23. Bank Rakyat Indonesia
  24. Bank Negara Indonesia
  25. Bank Tabungan Negara
  26. Bank Mandiri
  27. Bank Syariah Mandiri
  28. BNI SYARIAH
  29. BRI SYARIAH
  30. Mandiri Inhealth
  31. Jasindo

Acara yang dibuka dengan tarian Papua ini dihadiri oleh para Pimpinan MA, Hakim Agung, Hakim Adhoc, pejabat Eselon 1 Mahkamah Agung, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding dari seluruh Indonesia, Ketua Pengadilan Tingkat Pertama wilayah Jabodetabek, para Ketua Lembaga, para mahasiswa dan lainnya.

Ketika berita diturunkan, para pengunjung sedang menikmati talk show dengan tema E-Litigasi sebagai Perwujudan Modernisasi Peradilan yang dimoderatori oleh Rosiana Silalahi. (azh/RS)  




Kantor Pusat