Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Jumat, 15 Maret 2019 13:18 WIB / Ishmah Purnawati

KETUA PP IKAHI : ÜNTUK MENJADI HAKIM YANG TERPENTING INTEGRITAS"

KETUA PP IKAHI : ÜNTUK MENJADI HAKIM YANG TERPENTING INTEGRITAS

Jakarta - Humas: Pengurus Pusat IKAHI melakukan sosialisasi (Goes to Campus) tentang Organisasi Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) pada hari Jumat, tanggal 15 Maret 2019 bertempat di Auditorium Fakultas Hukum UI. Ketua Umum PP IKAHI Yang Mulia Dr. Suhadi, SH., MH didampingi oleh Yang Mulia Hakim Agung Dr. Sofyan Sitompul, SH., MH menyampaikan bagaimana sejarah terbentuknya Ikahi dan perjuangan yang telah dilakukan organisasi IKAHI sejak berdirinya pada tahun 1953 hingga saat ini dihadapan ratusan mahasiswa/mahasiswi hukum FH UI.

 

Dalam kesempatan yang sama YM Suhadi juga menyampaikan terkait tugas dan fungsi hakim dalam menangani perkara, “Syarat yang paling penting untuk menjadi hakim itu adalah integritas yang tinggi, selain juga banyak syarat lainnya yang harus dipenuhi, karena tugas pokok hakim yang paling utama adalah menerima, memeriksa dan memutus perkara, sehingga faktor integritas menjadi sangat menentukan dalam menyelesaikan suatu perkara. Dari semua penegak hukum yang ada, sistem pengawasan hakim merupakan sistem pengawasan yang paling ketat, karena selain memiliki lembaga pengawasan internal (Badan Pengawasan MA) juga memiliki lembaga pengawasan eksternal (Komisi Yudisial), selain itu konsekuensi pelanggaran hukum atas tugas dan jabatan sebagai hakim ditentukan sebagai tindak pidana yang diancam dengan pidana yang berat sebagaimana dalam Pasal 6 ayat (2) UU Tidak Pidana Korupsi.”

 

“Dalam tugas mengadili perkara, pihak yang menang akan menganggap hakim sebagai pahlawan, dan sebaliknya pihak yang kalah akan menganggap hakim telah berlaku tidak adil, sehingga sangat sulit untuk bisa memuaskan kedua belah pihak, bahkan tidak menutup kemungkinan kedua belah pihak akan merasa tidak puas. Semoga nanti banyak mahasiswa/mahasiswi fakultas hukum UI ini yang akan menjadi hakim, karena kedepannya masa depan bangsa ada di pundak adik-adik semua, sehingga kami berharap nantinya banyak lulusan-lulusan terbaik dari FH UI yang mendaftar menjadi calon hakim”, jelas YM Suhadi.

 

Acara Goes to Campus tersebut dihadiri oleh para civitas akademika Fakultas Hukum UI, mahasiswa/mahasiswi Fakultas Hukum UI, Anggota Pengurus Pusat IKAHI dan perwakilan Hakim Yustisial Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung. Pada akhir acara dilakukan sesi tanya jawab dan kuis berhadiah bagi para mahasiswa/mahasiswi. (Dy)




Kantor Pusat